Breaking News

Sabtu, 27 Januari 2018

FUNGSI DAN MANFAAT PROTEIN BAGI TUBUH MANUSIA

Protein 

Makanan yang mengandung protein dapat berasal dari hewan maupun tumbuhan. Protein dari hewan disebut protein hewani, sedangkan dari tumbuhan disebut protein nabati. Protein mengandung zat yang sangat dibutuhkan tubuh yaitu asam amino. 
Kegunaan protein bagi tubuh:
  • membangun dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak,
  • untuk menghasilkan energi atau tenaga, dan
  • membentuk hormon dan enzim dalam tubuh. 
Sumber protein cukup banyak. Sumber protein hewani misalnya telur, daging, susu, dan keju. Makanan ini merupakan sumber utama protein karena mengandung 10 asam amino utama. Adapun protein nabati dapat diperoleh dari biji-bijian, kacang-kacangan, gandum, dan sayuran.

Fungsi Protein Bagi Tubuh Manusia – Protein merupakan beberapa kumpulan dari zat-zat dan molekul-molekul organik seperti oksigen, hydrogen, nitrogen, fosfor, karbon, sulfur, dan fosfor serta asam amino yang terdapat dalam bahan makanan yang biasa kita konsumsi di setiap harinya. Dalam ilmu gizi, protein diartikan sebagai kelompok makro nutrisi berupa senyawa asam amino. 

Fungsi protein bagi tubuh yang utama yaitu sebagai zat pembangun dan pendorong metabolisme pada tubuh manusia. Dan yang perlu anda ketahui bahwa protein itu tidak diproduksi dari tubuh kita melainkan bersumber dari makanan yang mengandung protein yang kita konsumsi. Artinya manfaat protein baru dirasakan ketika kebutuhan protein harian tercukupi melalui makanan sumber protein. 


Fungsi protein 
Lantas apa saja fungsi protein itu ? Diatas telah disebutkan bahwa fungsi utama protein sebagai zat pembangun tubuh. Nah dibawah ini beberapa fungsi-fungsi protein penting lainnya, yaitu :
  1. Menyokong berbagai aktivitas pada organ tubuh dan pula metabolisme tubuh. 
  2. Pada setiap gramnya, protein dapat menghasilkan molekul-molekul protein sebanyak 4,1 kalori, yang sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi. 
  3. Sebagai sarana untuk mengatur metabolisme pada tubuh. 
  4. Untuk menyeimbangkan cairan dalam tubuh dengan asam basa. Sehingga kestabilan PH cairan pada tubuh kita akan berjalan dengan ordinary. 
  5. Dapat digunakan untuk seseorang yang sedang menjalani slim down gula untuk dijadikan sebagai asupan energi utama dalam tubuhnya. 
  6. Protein merupakan bahan sintetis substansi yang sangat dibutuhkan tubuh seperti organel sel, zat immune response, dan juga hormone. 
  7. Dapat difungsikan juga sebagai zat pembangun untuk membantu compositions pertumbuhan pada anak-anak dan remaja. Karena protein akan memberikan asupan yang sangat cukup terhadap sel-sel dalam tubuh. 
  8. Protein juga dapat menangkal radikal bebas ataupun zat-zat asing yang akan merusak dan menelusup pada tubuh kita untuk menghancurkanya, sehingga kesehatan tubuh akan sangat terjaga. 
  9. Fungsi protein bagi tubuh manusia yang withering utama yaitu untuk pembentukan serta sel-sel pada tubuh. Dan protein akan jadi makananya otot supaya dapat tumbuh dan berkembang. Jadi jika otot terpenuhi oleh protein, maka otot akan terpelihara dengan baik. Sehingga dapat membantu pembakaran lemak untuk menyeimbangkan berat badan supaya tetap perfect. 
  10. Protein sebagai peranan dalam mempercepat reaksi biologis. 
  11. Protein juga dapat berfungsi untuk mengangkut serta menyimpan zat yang akan berubah menjadi protein yang terdapat pada hemoglobin, sehingga dapat mengangkut oksigen pada eritrosit, dan protein yang terdapat pada mioglobin juga dapat mengangkut oksigen dalam otot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Uangmaya.com