Breaking News

Kamis, 25 Januari 2018

FUNGSI DAN MANFAAT VITAMIN BAGI TUBUH

Fungsi Vitamin 

Berikut ini fungsi vitamin yang terdapat pada makanan dan minuman. 

1. VITAMIN A 

Fungsi vitamin A (Retinol) bagi tubuh manusia yaitu untuk menjaga kesehatan bagi kulit, sebagai antioksidan, sebagai pendukung dalam perkembangan janin di dalam rahim, dan sebagai kesehatan mata. Akibat kekurangan vitamin A yaitu penyakit katarak, daya tahan tubuh melemah, dan penuaan lebih dini. Sedangkan akibat kelebihan vitamin A yaitu gangguan pada kulit, dan bagi wanita haid tidak lancar. Makanan sumber Vitamin A berasal dari susu, sayuran hijau, hati dan wortel. 

2. VITAMIN B1 

Fungsi vitamin B1 (Thiamine) bagi tubuh manusia yaitu mencegah penyakit beri-beri, menjaga kesehatan fungsi saraf dan kesehatan bagi jantung. Makanan sumber Vitamin B1 berasal dari susu, roti, daging tanpa lemak, gandum, dan kacangan-kacangan. Dampak kekurangan Vitamin B1 yaitu akan terjadi gangguan kulit, penyakit beri-beri, imunitas tubuh menurun dan susah buang air besar (BAB). Sedangkan dampak kelebihan Vitamin B1 yaitu akan sistem keseimbangan tubuh tidak ordinary dan refleks otot berkurang.

3. VITAMIN B2 

Fungsi vitamin B2 (Riboflavin) untuk tubuh manusia adalah untuk perkembangan sistem tubuh dan kesehatan kulit. Makanan Sumber Vitamin B2 berupa susu, daging tak berlemak, buah pisang, kacang kedelai, kacang hijau dan sayuran hijau. Dampak kekurangan Vitamin B2 yaitu bibir kering dan pecah-pecah, gangguan kulit, dan menurunnya daya tahan tubuh. 

4. VITAMIN B3 

Fungsi Vitamin B3 (Niacinamide) bagi tubuh manusia adalah meningkatkan nafsu makan, meningkatkan sistem saraf, dan sebagai pengubah kalori menjadi energi. Makanan Sumber Vitamin B3 berupa susu, roti, sayuran hijau, ikan, daging, brokoli dan alpokat. Dampak kekurangan Vitamin B3 yaitu otot mudah tegang, susah tidur (a sleeping disorder), nafsu makan berkurang, dan badan cepat letih. 

5. VITAMIN B12 

Fungsi Vitamin B12 (Methylcobalamin) yaitu mencegah penyakit paleness dan menjaga kesehatan sistem saraf. Makanan sumber Vitamin B12 yaitu daging warna merah, susu serta sayuran hijau. 

6. VITAMIN C 

Fungsi Vitamin C (asam Askorbat) untuk tubuh manusia adalah untuk kesehatan gigi dan gusi, pembentuk sel darah merah, menjaga sistem imun tubuh, dan antioksidan. Makanan sumber vitamin C yaitu ikan, mentega, dan buah-buahan. 

7. VITAMIN D 

Fungsi Vitamin D (Kalsiferol) bagi tubuh manusia adalah untuk pembentukan gigi dan tulang. Makanan sumber Vitamin D yaitu susu. Selain itu, pancaran sinar matahari pagi hari juga merupakan vitamin D alami yang diperlukan oleh kesehatan tubuh kita. 

8. VITAMIN E 

Fungsi vitamin E (Tocopherols) bagi tubuh yaitu menjaga kesehatan kulit dan mengendalikan kelebihan asam lemak. Makanan sumber Vitamin E yakni minyak ikan, minyak sayur, dan gandum. 

9. VITAMIN K 

Fungsi vitamin K (Menaquinones) untuk kesehatan tubuh yaitu mencegah osteoporosis dan diabetes. Dampak kelebihan vitamin K yaitu bisa menyebabkan hemolisis sel darah merah. Makanan sumber vitamin K adalah sayuran hijau dan buah alpukat.


Manfaat Vitamin Bagi Tubuh

Vitamin merupakan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh kita, vitamin yang menjadi salah satu faktor utama bagi kesehatan tubuh. Bila ada yang tidak tercukupi atau kekurangan akan menyebabkan timbulnya suatu penyakit dalam tubuh kita. 

Disamping manfaatnya untuk kesehatan tubuh, vitamin juga bermanfaat sebagai antioksidan bagi tubuh kita. Udara kotor yang sering kita jumpai setiap hari, baik di dalam ruangan ataupun di luar ruangan, bisa membuat tubuh kita menjadi rentan terhadap suatu penyakit. Dengan adanya vitamin yang tercukupi di dalam tubuh kita, akan menangkal semua kotoran yang kita hirup atau kita terima setiap harinya. 

Vitamin merupakan senyawa organik dan memiliki peranan penting dalam mengatur metabolisme tubuh. Pada umumnya vitamin tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan termasuk zat yang cepat rusak bila dihadapkan pada zat asam. 

Tersedia 13 jenis vitamin utama dan setiap vitamin memiliki fungsi-fungsi yang berbeda untuk tubuh, tapi pada umumnya vitamin memiliki fungsi spesifik termasuk dalam mengatur pertumbuhan dan pemeliharaan kesehatan. Dari ke 13 vitamin tersebut, vitamin dapat dikelompokkan menjadi 2 bagian yaitu vitamin yang larut dalam lemak terdiri dari vitamin A, D, E, dan K serta vitamin yang larut dalam air yaitu vitamin B dan C.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Uangmaya.com