Breaking News

Jumat, 12 Januari 2018

REMPAH KUNYIT YANG KAYA MANFAAT

Kunyit merupakan salah satu rempah yang sangat banyak terdapat di indonesia bahkan tidak sedikit yang menjadikan sebagi herbal tradisional tidak heran karena manfaat tanaman atau rempah ini tidak hanya untuk masakan melainkan juga untuk kesehatan. Manfaat kunyit antara lain yang paling sering diketahui oleh masyarakat umum adalah untuk ibu menyusui, untuk ibu hamil dan sebagainya. Sedangkan manfaat lainnya dari kunyit adalah untuk membersihkan wajah menghilangkan flek hitam pada kulit.


Memiliki sejumlah kandungan diantaranya:

Zat warna kurkuminoid
Sebuah senyawa diarilheptanoid sekitar 3-4% dan yang terdiri dari curcumin, desmetoksikurkumin dan bisdesmetoksikurkumin.

Minyak atsiri
Mengandung sebanyak 2-5% yang terdiri dari seskuiterpen dan turunan fenilpropana turmeron (aril turmeron, alpha turmeron dan beta turmeron, humulen.

Mineral Magnesium besi, mangan, kalsium, natrium, kalium, timbal, seng, kobalt, almunium dan bismuth.
Manfaat kunyit tidak terbantahkan untuk kesehatan lagi, kunyit memiliki berbagai nutrisi sehat yang dibutuhkan manusia.

Anti inflamasi (pradangan)
Kandungan minyak volatile dalam kunyit telah menunjukkan aktivitas anti inflamasi yang signifikan dalam berbagai model ekperimental dan penelitian bahkan lebih kuat dari minyak atsiri, hal ini dikarenakan oigmen kuning atau oranye dari kunyit yang disebut curcumin dianggap agen farmakologis utama dalam kunyit. Dalam banyak penelitian efek anti inflamasi curcumin ini telah terbukti sebanding obat hydrocoritisone dan fenilbutazon sebagai zat anti inflamasi seperti motrin. Berbeda dengan obat-obatan yang berhubungan dengan efek toksik yang signifikan (pembentukan ulkus, penurunan jumlah seldarah putih, pendarahan usu) curcumin tidak menghasilkan toksisitas.

Rheumatoid arthritis (peradangan sendi kronis)
Studi klinis telah membuktikan bahwa kurkumin dalam kunyit juga diberikannya efek antioksidan yang sangat kuat sebagai antioksidan kurkumin mampu menetralisir radikal bebeas bahan kimia yang dapat dalam tubuh dan menyebabkan berbagai kerusakan pada sel-sel sehat dan membran sel. Hal ini penting dalam banyak penyakit salah satunya adalah radang sendi dimana radikal bebeas merupaan penyebab perdangan sendi yang menyakitkan dan kerusakan pada sendi. Kandungan kunyit yang dapat memberikan efek antioksidan dan anti inflamasi menjelaskan mengapa banyak orang dengan penyakit sendi terasa sangat lega ketika mengkonsumsi herbal ini. Dalam sebuah penelitian terbaru tentang pasien dengan rheumatoroid arthritis (peradangan sendi kronis) kurkumin dibandingkan dengan fenibutazon akan menghasilkan perbaikan yang sebanding dalam durasi singkat seperti kaku pada pagi hari dan mengurangi pembengkakan sendi.

Pencegahan kanker atau cancer
Kandungan antioksidan kurkumin ini memungkinkan untuk melindungi sel-sel usu besar dari radikal bebeas yang dapat merusak DNA. Proses ini sangat bermanfaat khususnya bagi usus besar yang mana pergantian sel cukup pesat. Curcumin juga membantu tubuh untuk menghancurkan kanker sel-sel, sehingga mereka tidak dapat menyebar ke seluruh tubuh yang dapat membuat kerusakan yang lebih parah. cara utama kurkumin melakukannya adalah dengan meningkatkan fungsi hati. Mekanisme lain yang dilakukan oleh curcumin (zat pembentuk kuning orange pada kunyit) yang dapat melindungi dari perkembangan kanker adalah dengan menghambat sintesis dianggap berperan dalam pembentukan tumor dan mencegah perkembangan suplai darah tambahan yang diperlukan untuk pertumbuhan sel kanker.

Meningkatkan antioksidan
Kandungan curcumin merupakan salah satu antioksidan kuat yang dapat menetralkan radikal bebas karena struktur kimiannya yang dimilikinya. selain itu kurkumin juga meningkatkan aktivitas enzim antioksidan didalam tubuh sendiri. Dengan cara ini curcumin memberikan perlawanan/membunuh radikal bebas.

Meningkatkan fungsi hati
Penelitian yang dilakukan dengan objek studi tikus yang dilakukan untuk mengevaluasi efek kunyit pada kemampuan hati untuk mendetoksifikasi xenobiotik (beracun) bahan kmia, kadar dua enzim detoksifikasi hati sangat penting (UDP glucuronyl transferase dan glutathione-s-transferase secara signifikan meningkat pada tikus yang diberi makan kunyit dibandingkan dengan yang tidak. Para peneliti berkomentar" Hasil penelitian menunjukkan bahwa kunyit dapat meningkatkan sistem detoksifikasi selain sifat antioksidan".

Mengurangi resiko leukimia
Penelitian yang dipresentasikan pada konferensi mengenai leukimia yang diselenggarakan di London, memberikan bukti bahwa mengkonsumsi makanan dibumbui dengan kunyit bisa mengurangi resiko terkena leukimia ada Prof. Moolky Nagabhusnan dari Loyola University Medical Centre Chicago, Il yang hampir 20 tahun melakukan studi ini.?
Dalam studinya dia mengatakan bahwa curcumin dalam kunyit dapat mengambat mutagenisitas hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH) bahan kimia karsinogenik yang diciptakan oleh pembakaran bahan bakar berbasis karbon termasuk asap rokok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Uangmaya.com