Breaking News

Jumat, 02 Februari 2018

KELASIFIKASI MORFOLOGI DAN ANATOMI KACANG TANAH

Kacang tanah atau kacang goreng merupakan tanaman berpolong (leuguminase) yang mempunyai biji berkeping dua (dikotil). Berkembang biak melalui biji yang melekat pada akar tumbuhan ini di dalam tanah. Merupakan tumbuhan daerah tropis yang sudah sejak lama dikenal di Indonesia. Sebagai bagian dari menu menuju gizi masyarakat yang baik, maka usaha pertanian tanaman pangan tetap digalakkan pemerintah. Salah satu produk tanaman pangan yang digalakkan tersebut adalah penanaman kacang tananah.


Kegunaan kacang tanah sangat luas di dalam kehidupan sehari-hari orang Indonesia. Sebagai bahan makanan, kacang tanah dapat dimakan langsung setelah direbus, digoreng, atau direndang Kandungan minyak yang cukup tinggi membuat kacang tanah dapat pula dijadikan sumber minyak masakan. Setelah diolah, berbagai produk olahan kacang tanah dapat dimakan. Misalnya selai kacang tanah, minyak kacang tanah, mentega kacang tanah, bon-bon kacang tanah, dan lain-lain. Ampas kacang tanah dapat pula dijadikan makanan ternak. Salah satu keistimewaan kacang tanah ini adalah kemampuannya mengikat nitrogen dari udara, sehingga menyuburkan tanah dan merupakan pupuk alami bagi tumbuhan lainnya. 

  • Klasifikasi Kacang Tanah 
Kacang tanah adalah tanaman berbiji berkeping dua. Secara lengkap klasifikasi tanaman ini adalah sebagai berikut. 
  • Kingdom : Plantae 
  • Devisi : Spermatophyta 
  • Class : Dicotyledonae 
  • Famili : Papilionaceae 
  • Genus : Arachis 
  • Spesies : Arachis hypogaea 
  • Morfologi dan Anatomi Kacang Tanah 
Kacang tanah termasuk tanaman yang berakar serabut. Kedalaman akarnya sekitar 5-15 cm. Kacang tanah termasuk dalam tanaman pangan yang berupa semak, tumbuh tegak, atau dapat pula menjalar disebabkan buahnya yang muncul dari pangkal akar. Tinggi batang 15-60 cm, daun bersirip terdapat dua pasang anak daun dengan bentuk bulat telur, panjang tangkai daun 3-7 cm. Warna bunga kuning dan melakukan penyerbukan sendiri di permukaan tanah yang kemudian masuk ke dalam tanah hingga menjadi buah. 

Polong panjangnya 1-2 cm, panjang mencapai 8cm berisi satu sampai lima biji, biji & silindris dengan ujung runcing, warna kulit kacang putih sampai merah atau cokelat. lebar 0.5-1 cm, panjang 1-2 cm. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Uangmaya.com