Breaking News

Selasa, 27 Februari 2018

MANFAAT DAN KANDUNGAN BAYAM DURI ( Amaranthus spinosus L. )

Bayam banyak dikenal masyarakat sebagai sayuran. Banyak jenis-jenis tanaman bayam, ada bayam merah, bayam duri, dan lain-lain. Salah satu  dari jenis bayam yang bisa digunakan atau mempunyai khasiat obat adalah bayam duri. Bayam duri mempunyai nama ilmiah Amaranthus spinosus L Di daerah-daerah di Indonesia bayam duri mempunyai nama-nama yang berlainan. Nama-nama tersebut antara lain:


  • Di Lampung, bayam duri lebih dikenal dengan nama bayam kerui. 
  • Senggang cucuk (Sunda). 
  • Bayam eri, bayam raja, bayam roda, bayam cikron ( Jawa ). 
  • Ternyak duri,ternyak lakek (Madura) & Bayam Kikihan, Bayam siap atau Kerug Pasih ( Bali )
  • Kedawa Mawaw, karawa rap-rap. karawa in asu, korawa kawayo (Minahasa).
  • Sinau katinting (Makasar) di Bugis bernama Podo Maduri. 
1. Sifat dan Khasiat

Akar bayam duri rasanya manis, pahit, dan sejuk, masuk meridian jantung dan ginjal. Berkhasiat sebagai pereda demam (antipiretik), peluruh kencing (diuretik), peluruh haid, peluruh dahak (ekspektoran), penawar racun (antitoksik), menghilangkan bengkak (detumescent), dan pembersih darah. Herba bayam duri berkhasiat sebagai pembersih darah, pelancar ASI (Laktagoga) dan diuretik. 

2. Kandungan Kimia 

Rasa dan khasiat bayam duri tidak terlepas dari pengaruh kandungan zat kimianya. Kandungan kimia bayam duri, yaitu amarantin, rutin, spinasterol, hentriakontan, tanin, kalium nitrat, kalsium oksalat, garam fosfat, zat besi serta vitamin ( a, c, k, dan piridoksin =  B6). 

Kandungan kimia tersebut merata mulai dari akar sampai dengan daunnya, maka bagian-bagiannya dapat dimanfaatkan mulai dari akar sampai dengan daunnya. 
  1. Akar berkhasiat mengatasi: disentri, diare, sakit tenggorokan, sakit gigi. demam, radang saluran nafas (bronkhitis), TBC Kalenjer (Skrofuloderma), Keputihan (Leukorea), radang rahim, Terlambat datang haid, Kencing sedikit, kencing nanah, Batu Empedu. 
  2. Herba berkhasiat mengatasi: sakit dada, bronkitis akut, kurang darah (Anemia), dan keluar ASI sedikit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Uangmaya.com