Breaking News

Minggu, 25 Februari 2018

MANFAAT TOMAT BAGI KESEHATAN TUBUH DAN OBAT PENYAKIT


Selain lemon, tomat juga mengandung vitamin C yang tinggi. Sudah bukan rahasia lagi bahwa vitamin C merupakan antioksidan yang baik bagi tubuh kita. Selain menangkal racun dan radikal bebas. Gejala penuaan dini seperti flek hitam dan kerutan juga ampuh diatasi. Kamu bisa kok menggunakan maskert omat secara berkala. 

Kamu gak perlu takut repot untuk membuatnya. Campurkan saja air sari jus tomat dengan susu murni. Aduk rata dan diamkan ke dalam kulkas hingga dingin. Baru kemudian balurkan pada wajah secara menyeluruh, 
Tomat bisa dikatakan sebagai jenis buah buahan, namun dalam penggunaanya paling sering adalah sebagai sayuran. Rasanya yang asam seringkali dianggap menambah kelezatan banyak jenis masakan. 

Sebagai buah, tomat masak juga lezat dikonsumsi mentah dan ada yang menarik, yaitu tomat cukup enak untuk dibuat minuman buah atau jus. Lalu apa manfaat tomat bagi kesehatan, termasuk dilihat dari kandungan nurrisinya? Tomat diketahui mengandung sejenis antioksidan kuat yang disebut Lycopene dalam jumlah banyak, yaitu zat yang membuat warna merah pada buah ini. Bukan hanya itu, buah tomat juga telah terbukti mengandung suatu senyawa yang disebut sebagai asam alfa lipoic, yang bermanfaat membantu mengontrol glukosa dalam darah, meningkatkan vasodilatasi dan melindungi terhadap retinopati pada pasien diabetes, bahkan bisa membantu kelestarian otak dan jaringan saraf. Senyawa nutrisi yang juga ditemukan dalam tomat.



Manfaat Tomat Bagi Tubuh 

Menurunkan resiko Kanker : 

Karena tomat mengandung berbagai antioksidan kuat seperti vitamin C dan likopen, maka sering makan tomat bisa membantu mencegah pembentukan radikal bebas yang telah diketahui bisa menyebabkan kanker, termasuk jenis yang paling umum yaitu kanker prostat, dan kanker kolorektal (kanker usus). Likopen dalam tomat dikaitkan menurunkan resiko kanker prostat, sementara betakaroten yang tinggi pada tomat dikaitkan dengan pencegahan kanker kolorektal. 

Menurut American Cancer Societ , beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan diet kaya tomat mungkin memiliki risiko lebih rendah terhadap jenis kanker tertentu, terutama kanker prostat, kanker paru, dan kanker kolorektal. Penelitian lebih lanjut berbasis manusia masih diperlukan untuk mengetahui apa sebenarnya peran likopen dalam pencegahan atau pengobatan kanker. 

Menormalkan Tekanan darah : 

Mengurangi asupan natrium sangat penting untuk menurunkan tekanan darah bagi penenderita hipertensi, namun meningkatkan asupan kalium juga mungkin sama pentingnya karena efek vasodilatasinya. Menurut literatur, asupan kalium tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko kematian dari semua penyebab hingga 20%. Dalam hal ini tomat juga tinggi akan kandungan kalium. 

Menyehatkan jantung : 

Serat, kalium, vitamin C, dan, kolin adalah senyawa yang ditemukan dalam jumlah cukup baik pada buah tomat, dan semuanya sangat diperlukan untuk mendukung kesehatan jantung. Peningkatan asupan kalium yang disertai dengan menurunkan asupan natrium adalah perubahan pola makan yang paling penting untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Uangmaya.com