Breaking News

Rabu, 14 Februari 2018

MENJAGA KESEHATAN DENGAN MENCUCI TANGAN DAN KAKI

Tangan adalah bagian tubuh yang paling banyak berhubungan dengan apa saja. Berapa kali tangan menjamah benda-benda sepanjang hari? Tidak terhitung banyaknya. Oleh karena sering digunakan untuk beraktivitas, hendaknya tangan diperhatikan kesehatannya. Mengapa?


Tangan selalu bergerak aktif. Oleh karena itu, sangat mungkin pada tangan melekat bakteri-bakteri. Ketika tangan digunakan untuk memegang hidung, mulut, atau makanan, bakteri-bakteri tersebut dapat berpindah tempat dan menyebabkan penyakit. 

Tangan perlu dirawat agar sehat. Caranya cukup sederhana. Budayakan untuk cuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. Meskipun ini kebiasaan kecil, kalau dilakukan secara benar dan kontinu, hasilnya luar biasa. 

Perilaku mengabaikan cuci tangan dapat menyebabkan tertularnya beberapa penyakit seperti diare, tipus, kolera, fluu burung, cacingan, hepatitis A, dan SARS. Perlu diingat bahwa agar cuci tangan efektif gunakan sabun yang mengandung antiseptik. Zat antiseptik sangat ampuh membunuh kuman kuman penyakit yang menempel pada tangan. 

Cara untuk cuci tangan yang benar sebagai berikut :
  1. Basahi tangan dengan air mengalir. 
  2. Gengamlah sabun dan buatlah berbusa tanpa percikan.
  3. Gosok telapak tangan, punggung tangan, sela jari, hingga pergelangan tangan. Lakukan proses mencuci tangan selama 10-20 detik.
  4. Bilas dengan air sampai bersih. 
  5. Keringkan dengan kertas/ tisu/ handuk sampai bersih. 
Selain membudayakan cuci tangan, kuku tangan juga harus dirawat dengan baik. Kuku tangan selalu bertambah panjang. Pada bagian bawah kuku sangat mungkin terselip kotoran-kotoran yang dapat menjadi sarang kuman penyakit. Oleh karena itu, potong kuku dan bersihkan secara berkala. Sebaiknya potong kuku satu minggu sekali.


Bagaimana dengan kaki? Kaki tidak jauh berbeda dengan tangan. Kita melangkahkan kaki ke mana-mana. Tidak sedikit kotoran yang tersangkut ke kaki. Tangan pun suka menjamah kaki. Jagalah kaki dalam keadaan bersih terutama sebelum tidur. Kuku kaki juga sebaiknya dipotong pendek dan dibersihkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Uangmaya.com