Breaking News

Selasa, 06 Februari 2018

TATA CARA MANDI YANG BENAR DALAM MENJAGA KESEHATAN TUBUH

Mengapa kita harus mandi? Coba, bayangkan jika kamu harus duduk bersama orang yang jarang mandi. Kira-kira apa yang kamu rasakan? Nah, kamu tentu tidak nyaman bersamanya sebab dari orang itu akan tercium bau menyengat. Selain itu, penampilannya juga tidak enak dilihat karena kotor dan kumal. Apakah kamu suka seperti itu? 

Tubuh kita ini mengeluarkan keringat dari hasil proses metabolisme tubuh. Keringat yang keluar sebagian menempel pada permukaan kulit. Lama kelamaan keringat itu akan semakin menumpuk. Jika tidak dibersihkan, debu dan kotoran dari luar tubuh akan ikut menempel di kulit Penumpukan ini bisa menjadi sarang bagi kuman-kuman penyakit yang bisa mengganggu kesehatan. 

Oleh karena itu, kotoran dan keringat harus rutin dibersihkan dengan cara mandi. Dengan mandi, kulit menjadi bersih dan bebas kuman. Kulit pun sehat. Sebaiknya mandi dilakukan dua kali sehari atau tergantung kebutuhan. Jika memang tubuh lebih sering kotor, dapat mandi lebih dari itu.


Tata cara mandi sebagai berikut :
  1. Menyiram tubuh dengan air secara merata.
  2. Bersihkan tubuh dengan sabun. Gunakan sabun yang mengandung formula antibakteri agar kuman-kuman mati. 
  3. Gunakan sabun yang memiliki tingkat keasaman atau PH normal. Jangan gunakan sabun yang terlalu keras karena dapat menyebabkan kerusakan kulit.
  4. Gosok tubuh dengan tangan atau dengan alat bantu, seperti sea sponge, mini puff, skin towell, batu apung, dan alat-alat yang sejenis lainnya.
  5. Jangan lupa bersihkan daerah-daerah yang biasanya banyak kotoran terutama daerah lipatan, misalnya ketiak, siku, dan leher. 
  6. Bilas tubuh hingga bersih. 
Saat mandi memang menyenangkan. Tubuh terasa segar sehabis mandi. Mandi memang tidak hanya membersihkan kuman dan kotoran yang menempel pada kulit, tetapi juga bisa menyegarkan pikiran. Namun, keasyikan ini jangan sampai menyebabkan kita kurang berhati-hati. Patut menjadi perhatian bagi kita beberapa hal berikut. 
  1. Perlu diingat bahwa jangan menggunakan air secara berlebihan. Biasakan menghemat air. Cadangan air didalam bumi sangat terbatas. Oleh karena itu. harus menghemat agar air bersih tetap tersedia. 
  2. Jangan mandi pada waktu malam hari karena secara kesehatan justru merugikan. Diindikasikan kebiasaan mandi pada malam hari dapat memicu serangan rematik. 
Sumber : Pola Hidup Sehat dalam Keluarga ( Iswanto : 4-6 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Uangmaya.com