Breaking News

Kamis, 08 Februari 2018

TIPS MENJAGA KESEHATAN DENGAN ISTIRAHAT YANG CUKUP

a. Tidur Memulihkan Kesegaran 

Ketika beraktivitas, makhluk hidup menggunakan jaringan sel hidup tubuhnya untuk bekerja. Dalam jangka tertentu, sel hidup ini akan rusak. Untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak makhluk hidup membutuhkan istirahat.

Istirahat yang paling baik adalah tidur. Lamanya tidur ini tergantung pada usia, jenis pekerjaan, dan karakter setiap individu. Bayi dan anak-anak memerlukan waktu tidur lebih banyak dibandingkan orang dewasa. 

Orang yang bekerja dengan berpikir keras memerlukan lebih banyak tidur dibandingkan dengan orang yang bekerja dengan fisiknya. Sebagai patokan, orang dewasa yang bekerja dan berpikir keras memerlukan waktu istirahat tidur selama tujuh jam dalam sehari semalam. 

Tidur memengaruhi metabolisme tubuh dan merangsang daya asimilasi. Itulah sebabnya jika tidur berlama-Iama justru tidak sehat, karena tubuh kita kembali menyerap atau mengasimilasi limbah dan uap-uap kotor, Kelamaan tidur justru membuat tubuh lemas dan tidak bersemangat. 


b. Posisi Tidur yang Baik 

Tidur berbaring dengan posisi telentang kurang sehat karena menekan atau menyesakkan tulang punggung. Tidur tengkurap atau menelungkup tidak praktis untuk pernapasan. Keseringan tidur pada sisi kiri badan bisa mengganggu kesehatan karena menghimpit jantung sehingga sirkulasi darah terganggu dan pasokan darah ke otak berkurang. Jika ini terjadi kita akan mengalami mimpi-mimpi yang memilukan, mimpi buruk, bahkan berjalan dalam keadaan tidur. 

Posisi tidur terbaik adalah berbaring miring menghadap ke kanan tubuh. Kesimpulan ini telah diuji melalui penelitian medis yang panjang. Ketika tidur usahakan agar kepala menghadap ke utara dan kaki ke selatan. Dengan posisi seperti itu, tubuh tidak akan menolak arus medan magnet bumi dari utara ke selatan. Hindari langsung tidur setelah makan malam. Sulit tidur atau tidur dengan kualitas yang buruk dapat menjadi penyebab penyakit saraf jiwa. Oleh sebab itu, penting sekali untuk mengusahakan tidur yang baik pada malam hari. 

Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan agar mendapatkan tidur yang berkualitas. 
  1. Mandi air hangat. Mandi air hangat sebelum tidur dapat membantu tidur.
  2. Konsisten dengan waktu tidur yang sama. Para ahli tidur yakin bahwa pergi ke tempat tidur dan bangun pada waktu yang sama secara teratur adalah penting bagi tidur sehat.
  3. Minum susu hangat sebelum tidur. Minum susu hangat dapat mendorong kantuk karena susu mengandung zat pendorong kantuk.
  4. Jangan mengonsumsi alkohol.
  5. Membeli tempat tidur baru. Jika tempat tidur telah berumur lebih dari 10 tahun, lebih baik segera diganti. Tempat tidur yang tua biasanya telah rusak strukturnya sehingga dapat menyebabkan gangguan tidur. 
  6. Mengerjakan tugas-tugas untuk esok hari. Ketika kita mengkhawatirkan tugas-tugas pada esok hari, sebaiknya tugas tersebut segera kita kerjakan. Dengan begitu otak dapat beristirahat pada malam hari.
  7. Hindari makan sebelum tidur. Makan pada larut malam dapat merangsang pencernaan. Akibatnya kita dapat terjaga sepanjang malam karena bekerjanya pencernaan membuat tubuh dan otak bekerja.
  8. Tidurlah di ruangan gelap dan tenang. Untuk menjamin tidur malam yang panjang dan tidak terganggu. cobalah tidur di tempat gelap atau dengan lampu yang redup karena otak akan mengeluarkan hormon tidur pada saat gelap. 
Sumber : Pola hidup sehat dalam kelurga ( Iswanto : 25-27 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Uangmaya.com