Breaking News

Sabtu, 10 Februari 2018

TIPS SEHAT DAN MANFAAT BEROLAHRGA BAGI KEBUGARAN TUBUH

Biasa berolahraga menyehatkan tubuh. Olahraga adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang secara teratur melalui satu atau lebih latihan fisik. Tujuan olahraga untuk meningkatkan kesegaran jasmani dan kesehatan.

  1. membangun kekuatan dan daya otot seperti juga kekuatan tulang dan persendian sehingga mendukung performa dalam segala kegiatan.
  2. meningkatkan daya tahan aerobik, 
  3. meningkatkan fleksibilitas atau kelenturan, 
  4. membakar kalori yang memungkinkan tubuh terhindar dari kegemukan, 
  5. mengurangi stres, 
  6. meningkatkan gairah hidup, 
  7. rajin berolahraga dapat menguatkan jantung, paruparu, otot, mengurangi lemak tubuh, mencegah penyakit gula, dan menghindari osteoporosus, serta
  8. mengurangi risiko kanker.
Olahraga harus terukur agar dapat meningkatkan derajat kesehatan seseorang. Terukur dalam hal intensitas, frekuensu, dan waktunya. lntensitas adalah seberapa berat seseorang berlatih olahraga. lntensntas ini dapat diukur dengan beberapa metode. Salah satunya dengan metode denyut Jantung. Intensitas latihan disesuaikan dengan tuiuan olahraga, kemampuan, dan usua. Oleh karena itu, intensitas latihan dapat berbeda-beda.

Frekuensi adalah seberapa sering seseorang melakukan latihan. Latihan dapat dilakukan beberapa kali dalam seminggu sesuai dengan kebutuhan. Waktu adalah lamanya kegiatan dilaksanakan. ini tergantung jenis latihan yang dilakukan. Misalnya, latihan aerobik dibutuhkan latihan selama 20 menit dengan catatan. intensitas latihan mencapai zona latihan. Zona latihan adalah batas maksimal dari frekuensi denyut nadi per menit yang diakibatkan beban kerja. Apabila latihan telah mencapai pada zona latihan dapat diartikan bahwa latihan tersebut berdampak positif terhadap kesehatan. Namun, apabila melebihi justru membahayakan kesehatan. 

Berolahraga mencakup tiga komponen utama, yaitu pemanasan, latihan inti, dan pendinginan. Pemanasan dan pendinginan ini sering dilupakan orang yang berolahraga. Padahal pemanasan dan pendinginan sangat berguna bagi orang yang berolahraga. 

Mengapa pemanasan sangat penting? Tujuan utama pemanasan adalah untuk meningkatkan detak jantung sedikit demi sedikit. Dengan pemanasan diperoleh dua keuntungan yaitu, meningkatkan suhu tubuh dan meningkatkan aliran darah ke otot-otot sehingga tubuh lebih siap untuk beraktivitas. Dengan pemanasan, otot-otot menjadi lebih lentur. Kelenturan ini bermanfaat untuk meningkatkan jangka gerak persendian dan mencegah dari cedera. 

Sebaiknya pemanasan dilakukan untuk memanaskan kelompok otot-otot besar seperti otot paha depan, otot belakang betis, dan otot dada. Pemanasan tubuh membutuhkan waktu beberapa saat yaitu sekitar sekitar 5-10 menit. 

Pendinginan adalah kembalinya tubuh dalam keadaan normal secara perlahan setelah melakukan kegiatan inti. Pendinginan dilakukan dengan dua tujuan, yaitu untuk mengurangi denyut otot-otot dan mengalirkan darah ke jantung dalam jumlah yang cukup. 

Bagaimana jika berhenti latihan tanpa pendinginan? Jika berhenti tibatiba. darah akan menggenang pada daerah kaki dan aliran darah ke jantung berkurang. Akibatnya bisa menimbulkan perasaan pusing-pusing, mual-mual. dan kelelahan. Tubuh kita membutuhkan waktu beberapa menit untuk kembali normal. Waktu pendinginan yang aman kira-kira 4-5 menit. Semua aktivitas pendinginan harus diikuti dengan peregangan otot-otot untuk mencegah rasa sakit dan sesak. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Uangmaya.com