Breaking News

Rabu, 14 Maret 2018

Menelusuri Pertumbuhan Lingkaran Tahun kepada Batang

Mengenal Jaringan Tumbuhan

Jaringan merupakan sekelompok sel yang memiliki struktur dan fungsi yang sama. Pada awalnya, semua sel akan melakukan pembelahan diri saat pembentukan tumbuhan. Namun, pada tahap berikutnya, pembelahan diri hanya akan terjadi pada jaringan yang bersifat embrionik. Jaringan meristem selalu membelah diri, maka dia merupakan jaringan yang bersifat embrionik. Di bagian korteks btg terjadi pembelahan tetapi sangat terbatas. Sel meristem akan tumbuh dan berspesialisasi menjadi berbagai jenis jaringan yang tidak memiliki kemampuan untuk membelah diri lagi. Jaringan itu dinamakan jaringan dewasa (permanen).

Berdasarkan asal terbentuknya, jaringan meristem dibagi menjadi dua macam, yaitu meristem primer dan meristem sekunder. Jaringan dewasa (permanen) merupakan jaringan yang telah mengalami diferensiasi dan sudah tidak mengalami pembelahan lagi. Jaringan dewasa (permanen) mempunyai identitas yaitu ukurannya lebih besar daripada jaringan meristem, tidak aktif membelah diri, memiliki ruang antar sel, memiliki vakuola yang berukuran besar, dan sel telah mengalami penebalan dinding sesuai dengan fungsinya.

Salah satu contoh jaringan dewasa merupakan jaringan gabus. Jaringan gabus terdapat di bagian tepi alat-alat tumbuhan dan memiliki sifat lebih bertenaga daripada epidermis. Jaringan gabus akan menggantikan fungsi epidermis yaitu sebagai pelindung jaringan di bawahnya jikalau epidermis pada tumbuhan yang berumur panjang telah tewas atau tidak aktif. Jaringan gabus dibuat oleh kambium gabus yang dianggap felogen. Sel-sel gabus mengandung suberin dan kutin. Letak jaringan gabus kedap antara satu dengan yang lainnya. Pada jaringan gabus, tidak ada ruang antar sel sehingga sulit ditembus air dan gas. Jaringan gabus mempunyai kegunaan untuk mencegah serangan hama, mengendalikan masuk dan keluarnya air, dan beberapa fungsi mekanik lainnya.

Jaringan gabus terdiri atas 3 bagian yaitu eksodermis, endodermis, dan periderm (kulit gabus). Eksodermis terletak di luar dan mengandung suberin pengganti epidermis. Di bagian endodermis yang masih belia, dinding selnya terdiri dari selulosa dan bersifat kenyal, sedangkan endodermis yang sudah tua pada dinding selnya terjadi penebalan-penebalan berupa titik-titik atau pita dari zat kayu dan mengandung suberin serta kutin yang dianggap pita kaspari. Periderm dibagi menjadi 3 bagian yaitu felogen, felem, dan feloderm.


Sebelum membahas tentang felogen, felem, dan feloderm, kita akan membahas kambium terlebih dahulu. Kambium yaitu lapisan jaringanmeristematik pada tumbuhan yang sel-selnya aktif membelah dan berfungsi untuk pertumbuhan sekunder tumbuhan. Kambium ditemukan pada akar dan btg, namun hanya pada tumbuhan dikotil dan Gymnospermae. Berdasarkan jaringan tetap yang dibentuknya, kambium dibagi ke dalam 2 gerombolan yaitu kambium pembuluh dan kambium gabus. Kambium pembuluh atau vaskular acapkali dianggap sebagai kambium saja. Kambium biasanya membatasi bagian kulit kayu atau pepagan dari kolom kayu di btg pohon. Aktivitas kambium ke arah dalam akan membentuk xilem atau pembuluh kayu, sedangkan aktivitas kambium ke arah luar akan membentuk floem atau pembuluh tapis.

Sedangkan kambium gabus (felogen) yang merupakan bagian dari korteks pada umumnya terdapat di bawah epidermis btg dan akar yang sudah tua. Aktivitas kambium gabus ke arah dalam akan membentuk feloderm, sedangkan ke arah luar akan membentuk felem. Felem yaitu lapisan gabus sebagai produk dari felogen yang terbentuk ke arah luar. Sedangkan feloderm atau parenkim gabus dapat dikatakan hampir homogen dengan parenkim korteks yang terbentuk ke arah dalam sehingga hanya terdapat di lapisan paling dalam.

Apakah bulat tahun pada btg terbentuk dampak aktivitas felogen ?

Pada tanaman berkayu atau berkambium, pertumbuhan baru akan memiliki bersifat herba dan menjadi berkayu seiring bertambahnya usia, jadi semakin tua suatu tanaman berkayu, maka kambium yang dimiliki juga akan semakin tebal. Perkembangan jaringan kayu biasanya terlihat di pepohonan dan semak belukar. Seiring dengan berjalannya waktu, sel baru yang dihasilkan oleh kambium akan membedakan pembentukan xilem yang cepat mendorong keluar jaringan yang melingkar dan btg tanaman berkayu akan bertambah ketebalannya. Suatu jaringan xilem baru dapat dibedakan didasarkan  karakternya yang juga dipengaruhi oleh seberapa banyak jumlah air yang tersedia.

Sedangkan untuk floem, floem akan diganti setiap tahunnya dengan sel tahun-tahun sebelumnya yang sudah digantikan oleh sel tahunan yang baru. Sel floem yang sudah tua akan didaur ulang oleh tanaman.

Bagaimanapun juga, jaringan xilem memiliki tekstur lebih keras dan memiliki serat yang memperkuat tubuh tanaman sehingga jaringan xilem dan floem akan beserta-sama menambahkan dukungan untuk menegakkan tubuh tanaman. Setiap tahunnya, lapisan baru jaringan xilem diproduksi untuk menambah ketebalan btg dan semakin memperkuat tubuh tanaman yang terus bertambah besar.

Sedangkan saat musim semi, saat pohon telah dipenuh banyak air, banyak sel xilem baru akan berkembang dengan pesat dan membentuk suatu celah lebar yang kemudian akan menghancurkan jaringan yang berdampingan sehingga serat baru akan terbentuk. Saat daun sudah mulai terbuka, sedikit air berlahan akan tersedia untuk memperluas pembuluh sehingga xilem yang dihasilkan di musim panas lebih sempit. Beberapa kambium juga umumnya akan terdiferensiasi pada xilem dan floem. Kemudian, baik xilem maupun floem akan menyalurkan difusi gas dan uap air.

Saat daun mulai sepenuhnya melakukan aktivitas, pertumbuhan kambium akan melambat dan biasanya akan terjadi pada bulan Juli. Pertumbuhan kambium pada akhirnya berhenti selama beberapa waktu dan terdiferensiasi oleh jaringan baru. Proses ini dapat berlangsung selama beberapa waktu. Pembentukan jaringan lebih lanjut akan terjadi lagi dan pada saat semua kayu telah dikembangkan sepenuhnya dan diberi lignifikasi, ada zona kayu yang terdefinisi dengan baik dan dapat mewakili pertumbuhan musim. Zona kayu ini dianggap dengan cincin tahunan. Cincin ini diproduksi setiap musim dan dengan menghitung jumlah cincin yang diproduksi, kita dapat menentukan umur suatu pohon, sebab setiap cincin mewakili pertumbuhan satu tahun.

Seiring pertumbuhan yang terus menerus terjadi, pembuluh floem yang lebih lembut akan terjepit sebab pembuluh xilem yang lebih banyak dan lebih keras menempati dan mewakili lebih banyak bagian penampang btg. Sebagian besar btg akan ditempati oleh pembuluh xilem sekunder dan pada akhirnya akan membentuk kayu.

Pendapat

Oleh sebab itu, saya sangat tidak setuju dengan pernyataan yang menyatakan bahwa bulat tahun pada btg terbentuk dampak aktivitas felogen. Hal ini dikarenakan pada tanaman berkayu atau berkambium, pertumbuhan baru akan memiliki bersifat herba dan menjadi berkayu seiring dengan bertambahnya usia tanaman tadi. Jadi semakin tua suatu tanaman berkayu, maka kambium yang dimilikinya juga akan semakin tebal. Perkembangan pada jaringan kayu biasanya terlihat di pepohonan dan semak belukar. Seiring dengan berjalannya waktu, sel baru yang dihasilkan oleh kambium akan membedakan pembentukan xilem yang cepat mendorong keluar jaringan yang melingkar dan btg tanaman berkayu akan bertambah ketebalannya. Suatu jaringan xilem baru dapat dibedakan didasarkan  karakternya yang juga dipengaruhi oleh seberapa banyak jumlah air yang tersedia.

Sedangkan untuk floem, floem akan diganti setiap tahunnya dengan sel tahun-tahun sebelumnya yang sudah digantikan oleh sel tahunan yang baru. Sel floem yang sudah tua akan didaur ulang oleh tanaman supaya dapat digunakan kembali di kemudian hari.

Bagaimanapun juga, jaringan xilem memiliki tekstur yang lebih keras dari jaringan floem serta memiliki serat yang memperkuat tubuh tanaman sehingga jaringan xilem dan floem akan beserta-sama menambahkan dukungan untuk menegakkan tubuh tanaman agar tetap bertenaga dan tidak mudah roboh. Setiap tahunnya, lapisan baru pada jaringan xilem akan diproduksi untuk menambah ketebalan btg dan semakin memperkuat tubuh tanaman yang akan terus bertambah besar.

Sedangkan saat musim semi, saat pohon telah dipenuh banyak air, banyak sel xilem baru akan berkembang dengan pesat dan membentuk suatu celah lebar yang kemudian akan menghancurkan jaringan yang berdampingan, sehingga serat baru akan terbentuk. Saat daun sudah mulai terbuka, sedikit air akan tersedia secara perlahan untuk memperluas pembuluh sehingga xilem yang dihasilkan di musim panas menjadi lebih sempit bila dibandingkan dengan kondisi xilem saat musim semi. Beberapa kambium juga umumnya akan terdiferensiasi pada xilem dan floem. Kemudian, baik xilem maupun floem akan menyalurkan difusi gas dan uap air.

Sedangkan untuk kasus iklim, tanaman berkambium biasanya lebih terlihat di wilayah beriklim sedang di mana musimnya jauh tidak selaras. Bagian kambium akan mulai terbentuk di awal musim tanam. Ketika pertumbuhan tanaman tadi relatif cepat, maka kayu yang dihasilkan akan cenderung kurang padat. Sedangkan untuk bagian luar kayu yang lebih padat biasanya diproduksi saat musim panas meskipun kadang-kadang juga diproduksi saat musim gugur. Banyak pohon di wilayah beriklim sedang membuat bulat tahun setiap tahunnya dengan yang paling dekat dengan kulit kayu. Oleh sebab itu, seluruh periode kehidupan pohon yang tergambarkan pada bulat tahunnya dapat dengan sangat jelas mencerminkan usia pohon dan kondisi iklm di mana pohon tumbuh. Kelembaban yang relatif dan musim tanam yang panjang akan ad interim menghasilkan musim tanam yang lebih panjang sehingga juga turut berpengaruh dalam menghasilkan lingkar tahun yang lebih lebar lagi, sedangkan pada tahun kekeringan dapat berakibat pada penyempitan bulat tahun yang sudah terjadi.

Misalnya saja wilayah di mana hujan turun sepanjang tahun. Dapat dicermati bahwa semua pohon tumbuh dengan penambahann lingkar tahun yang relatif stabil dari tahun ke tahun. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pada wilayah yang turun hujan sepanjang tahun, awal dan akhir pertumbuhan dapat berlangsung kapan saja sepanjang tahun tergantung pada kondisi lingkungannya.

Lain halnya dengan tanaman di wilayah tropis seperti Indonesia. Lingkaran tahun yang terbentuk pada tanaman akan relatif lebih banyak dalam hal jumlah. Namun bulat tahun yang dihasilkan relatif tipis sehingga sangat sulit sekali untuk membedakannya dalam keadaan mata telanjang, sehingga sangat sulit untuk menentukan umur suatu tanaamn di wilayah tropis.

Saat daun mulai sepenuhnya melakukan aktivitas, pertumbuhan kambium cenderung akan melambat dan puncaknya biasa akan terjadi pada sekitar bulan Juli. Pertumbuhan kambium pada akhirnya akan berhenti selama beberapa waktu dan kambium tadi akan terdiferensiasi oleh jaringan baru. Proses ini dapat berlangsung selama beberapa waktu.

Pembentukan jaringan lebih lanjut akan terjadi lagi dan pada saat semua kayu telah dikembangkan sepenuhnya dan diberi lignifikasi, ada zona kayu yang terdefinisi dengan baik dan dapat mewakili pertumbuhan suatu musim. Zona kayu ini dianggap dengan cincin tahunan yang terlihat dihasilkan dari perubahan kecepatan pertumbuhan sepanjang musim. Cincin yang sangat luas umumnya akan memperlihatkan tahun pertumbuhan yang baik begitu pula sebaliknya, bila cincin tahunan yang dihasilkan sempit, maka memperlihatkan tahun pertumbuhan yang relati jelek. Oleh sebab itu, indikator ini juga dapat digunakan sebagai acuan apakah pohon tadi sudah menerima semua hal yang diperlukan atau belum.

Cincin tahunan juga dapat diartikan sebagai output dari pertumbuhan baru di kambium vaskular, lapisan sel di dekat kulit kayu yang tergolong meristem lateral. Cincin tahunan ini dapat dicermati pada penampang melintang horizontal yang memotong btg pohon. Bagian yang memotong pohon ini akan menampakkan pertumbuhan diameter yang sangat sensitif terhadap fluktuasi lingkungan, kelembaban di tanah dan udara, suhu, dan sinar matahari. Cincin ini diproduksi setiap musim dan dengan menghitung jumlah cincin yang diproduksi, kita dapat menentukan umur suatu pohon, sebab setiap cincin mewakili pertumbuhan satu tahun. Jadi, bila sebab sesuatu hal akhirnya kulit pohon terkelupas, maka cincin akan menjadi cacat dan meninggalkan bekas luka pada tanaman.

Seiring pertumbuhan yang terus menerus terjadi, pembuluh floem yang lebih lembut akan terjepit sebab pembuluh xilem yang lebih banyak dan lebih keras menempati dan mewakili lebih banyak bagian penampang btg. Sebagian besar btg akan ditempati oleh pembuluh xilem sekunder dan pada akhirnya akan membentuk kayu.

Oleh sebab itu, berdasarkan saya, pertumbuhan lingkar tahun pada btg bukanlah suatu aktivitas felogen, melainkan memang merupakan aktivitas tahunan dari btg yang memiliki saat-saat tertentu dimana btg akan mengalami penebalan pada suatu musim tertentu kemudian akan berhenti untuk melakukan penebalan untuk ad interim waktu di musim yang lain. Selain itu, munculnya bulat tahun juga tidak tanggal dari bantuan pembuluh xilem dan floem yang juga turut memberikan peranan yang sangat vital.

Selain itu, ada juga pertentangan tentang paradigma per tahun tunggal, di mana kondisi jelek seperti kondisi cuaca yang tidak menentu juga dapat menyebabkan beberapa cincin tahunan yang terbentuk akan hilang dan mempengaruhi kondisi pohon kawasan cincin tahunan tadi berada.

Masalah yang lain juga tiba dari wilayah atau zona geografis yang sama cenderung mengembangkan pola lebar cincin tahunan yang sama, sehingga hal ini juga berpengaruh pada besarnya lingkar tahunan suatu tanaman sebab dipengaruhi oleh kondisi iklim yang sama juga.

Faktor terakhir yang mempengaruhi lingkar tahun merupakan usia dari pohon itu sendiri. Pohon yang lebih tua akan memperlihatkan diameter cincin tahun yang relatif luas pada awal kehidupannya namun pada akhirnya, diameter yang ada akan semakin mengecil. Pohon tua akan menghasilkan cincin dengan diameter sangat sempit namun tetap tumbuh tinggi sehingga pada akhirnya mempengaruhi pertumbuhan lingkar tahun yang jadi terhambat.

Sumber

https://www.theforestacademy.com/tree-knowledge/annual-growth-rings/

https://encyclopedia2.thefreedictionary.com/annual+rings

https://scoodoos.com/scoodoos-bloom-2013/534-2/

https://www.encyclopedia.com/plants-and-animals/botany/botany-general/annual-rings

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Dendrochronology

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Uangmaya.com