Breaking News

Selasa, 20 Maret 2018

Siapa yg Lebih Kuat Sel Tumbuhan atau Sel Hewan

Siapa yg Lebih Kuat Sel Tumbuhan atau Sel Hewan

Image source: https://ecs7.tokopedia.net/img/product-1/2016/3/19/36528957/36528957_68393abe-5772-44d0-9fc9-3e7a8adbb769.jpg

Siapa yang Lebih Kuat Sel Tumbuhan atau Sel Hewan



Apakah kalian pernahberpikir ihwal sel yang terdapat di tubuh kita? Berapa banyak sel yang terdapat didalam tubuh kita? Apakah sel bisa musnah? Menurut penelitian, jumlah sel yangada di tubuh manusia diperkirakan kira -- kira sampai 37 triliun, Jumlah ynagsangat banyak bukan? Dan ya, ternyata sel bisa musnah. Kali ini kita akanmembahas ihwal daya tahan sel, ihwal hancurnya sel, serta yang berkaitandengan itu. Ada 2 jenis sel yaitu sel yaitu sel binatang serta sel tanaman. Selyang terdapat di tubuh kita yaitu sel binatang. Dan yang menjadi pertanyaan besarnyaadalah "Siapa yang memiliki daya ketahanan lebih bertenaga, Apakah sel tanaman atausel binatang?".



Sebelum itu, terdapat baiknyakita mengetahui terlebih dahulu ihwal sel. Sel merupakan kumpulan materi yangpaling sederhana yang bisa hidup serta merupakan unit penyusun seluruh makhlukhidup. Yang artinya, kita tahu bahwa seluruh makhluk hidup memiliki sel bahkanhewan atau tanaman purba memiliki sel, pernyataan ini menyebabkan pertanyaan-- pertanyaan misalnya "Apa akibatnya apabila sel musnah atau pecah? Apakah hewanatau tanaman mati? Dan mengapa terdapat binatang atau tanaman tua atau purba?".Informasi ini bisa menjadi hipotesa ihwal pertanyaan besar diatas. Dan sepertiyang sudah disebutkan tadi, sel dibedakan menjadi 2 yaitu sel tanaman serta selhewan. Dan karena sel tanaman serta binatang dibedakan, pasti terdapat disparitas yangsangat besar. Perbedaan itu terletak kepada organel -- organel selnya. Dan apa ituorganel? Dalam bidang hidup sel, organel ialah keliru satu berasal beberapastruktur dengan fungsi khusus yang terapung-apung dalam sitoplasma sel yangberbentuk padatan. Jadi yang perlu kita dalami merupakan organel -- organel selhewan serta sel tanaman.



Organel -- organel sel yangdipunyai sang sel binatang maupun sel tanaman yaitu:



1. MembranSel



Membran sel merupakan bagian palingluar yang membungkus sel yang tersusun berasal lemak (lipid) serta protein(lipoprotein). Membran sel umumnyaberfungsi sebagai pelindungsel. Membran sel pula bisa mengatur keluar masuknyazat serta pula menerima rangsang berasal luar.



2.Sitoplasma 



Sitoplasma merupakan cairan sel dansegala sesuatu yang larut di dalamnya, kecuali nukleus (inti sel) serta organel --organel sel. Sitoplasma terdiri atas protein, material, serta air. Sitoplasmabersifat koloid kompleks (tidak cair serta tidak padat) yang bisa berubahtergantung konsentrasi air, apabila konsentrasi air rendah akan menjadi padatlembek dianggap gel, sedangkan apabila konsentrasi air tinggi akan menjadi encerdisebut sol.  Fungsi sitoplasmayaitu sebagai kawasan berlangsungnya metabolism sel serta asal bahan kimia selseperti protein, mineral, serta air



3.Retikulum Endoplasma



Retikulum endoplasma merupakan bagiansel berbentuk benang-benang yang terdapat di inti sel. Retikulum endoplasmadibagi menjadi 2 yakni retikulum endoplasma halus (REh) karena tidak adaribosom yang menempel kepada retikulum endoplasma ini. serta retikulum endoplasmakasar (REk) karena terdapat ribosom yang menempel kepada retikulum endoplasmatersebut. Fungsi retikulum endoplasmayaitu sebagai alat transportasi zat dalam sel, mensintesis lipid dalam sel(REh), membantu dalam detoksifikasi sel -- sel berbahaya (REh), serta sintesisprotein (REk).



4.Mitokondria 



Mitokondria merupakan organel terbesaryang merupakan mesin dalam sel. Mitokondria berbentuk mirip dengan cerutu yangmemiliki 2 lapis membran yang lekuk-lekuk serta dinamakan krista.  Oksigendan glukosa berkombinasi dalam membentuk energi (ATP) yang diperlukan untukmetabolisme serta kegiatan seluler dalam organel sehingga mitokondria dijulukisebagai the power housekarnamenghasilkan energi. Fungsi mitokondriayaitu sebagai penghasil energy (ATP) serta pula respirasi sel.



5. Sitoskeleton

Sitoskeleton merupakan rangkaian benang-benang yang tersusun atas silium danflagelium, berfungsi sebagai penyokong sel serta mempertahankan bentuk sel. Jugaberperan dalam hal terjadinya perubahan bentuk sel serta gerak keseluruhanorganel di dalam sel. Benang-benangnya dibedaakan menjadi 3 jenis yaitumikrofilamen, mikrotobul, serta filamen antara.



6.Peroksisom



Peroksisomadalah kantong mini yang berisi dengan enzim katalase yang fungsinyamenguraikan peroksida (H2O2) yang merupakan sisa berasal metabolisme yang sifatnyatoksik (beracun) menjadi air serta oksigen yang membahayakan sel.Peroksisombanyak ditemukan di sel hati serta ginjal.                 Peroksisom jugabisamengubah lemak menjadi karbohidrat



7.Ribosom 



Ribosom merupakan organel sel yangpadat serta mini dengan diameter 20 nm yang terdiri atas 65%RNA ribosom (rRNA)serta 35% protein ribosom (Ribonukleoprotein atau RNP). Ribosom bekerja dalammenerjemahkan mRNA untuk membentuk rantai polipeptida (protein) denganmenggunakan asam amino yang dibawah tRNA kepada ketika proses translasi.



Dengankata lain, fungsi Ribosom sebagaitempatberlangsngunya sintesis protein



8. BadanGolgi



Badan golgi merupakan organel sel yangberkaitkan dengan ekskresi sel. Badan golgi bisa ditemukan di seluruh seleukariotik serta terdapat kepada fungsi ekskresi, model ginjal. Badan golgi berbentuk kantongpipih yang berukuran mini sampai besar serta terikat sang membran. Secaralengkap, fungsi Badan golgi yaitupembentuk vesikula (kantung) untuk ekskresi, membentuk lisosom, memprosesprotein, serta membentuk membrane plasma



9. Nukleus



Nukleus (inti sel) merupakan inti darisel yang mengatur serta mengendalikan kegiatan sel baik itu metabolisme hinggake pembelahan sel. Nukleus ditemukan kepada sel eukariotik serta mengandungsebagaian besar materi genetik yang bentuknya DNA linear panjang yang membentukkromosom bareng protein -- protein. Nukleus terdiri berasal bagian-bagian misalnya. Membraninti (karioteka), Nukleoplasma (Kariolimfa), Kromatin atau kromosom,Nukleolus. 



Jadi, apasaja fungsi nucleus? Nukleus berfungsi untuk menjaga integritas gen -- gen,mengontrol kegiatan sel dengan mengelola mulut gen, menyimpan informasigenetic, kawasan terjadinya replikasi, serta mengendalikan proses metabolism dalamsel.



10.Nukleolus 



Nukleolus merupakan wilayah yangterdapat di dalam nucleus atau anak berasal inti sel.



Nukleolusberfungsi sebagai pembentuk ribosom.



11.Nukleoplasma 



Nukleoplasma merupakan cairan padatyang berada di dalam nucleus yang mengandung serat kromatin, yang padatmembentuk kromosom serta gen yang membawa berita genetik. 



12. MembranInti 



Membran inti merupakan elemenstruktural utama nukleus yang membungkus holistik organel serta memisahkanantara sitoplasma dengan wilayah inti. Membran inti bersifat tak permeabeldengan sebagian besar molekul yang membentuk nukleus membutuhkan pori intisehingga nukleus bisa melintasi membran. Dengan kata lain, fungsi Membran Inti yaitu sebagai pelindung intisel (nukleus) serta pula sebagai kawasan pertukaran zat (inti dengan sitoplasma).



Sedangkanstruktur sel tanaman yang tidak dimiliki sel binatang terdiri berasal:



1.Plastida (Kloroplas)



Plastida (Kloroplas) merupakan bagiansel tanaman yang membawa pigmen klorofil. Karena terdapat kloroplas maka plastiddapat membantu tanaman menjalani fotosintesis dengan sempurna. 



2. Vakuola



Vakuola merupakan organel penyimpananmakanan serta sisa -- sisa metabolisme yang membantu mengatur tekanan turgor seltumbuhan. Vakuola pula membantu pencernaan intrasel molekul kompleks daneksresi kepada limbah. 



3. Dinding Sel



Dinding/tembok seladalah struktur di luar membranplasma yang membatasi ruang bagi sel untuk membesar. Pada tanaman,dinding-dinding sel sebagian besar terbentuk sang polimer karbohidrat (pektin,selulosa, hemiselulosa, serta lignin sebagai penyusun vital). Fungsi dindingsel merupakan untuk memberi bentuk sel tanaman, melindungi bagian dalam sel daripengaruh lingkungan serta menjaga sel tanaman agar tidak pecah output masuknyaair secara berlebihan. Dinding sel bisa menaruh konservasi serta penyaring(filter) bagi struktur serta fungsi sel sendiri.



Dan struktur sel binatang yang tidakdimiliki tanaman yaitu:



1.  Lisosom



Lisosom merupakan organel berupakantong terikat di membran yang berisi kandungan enzim hidrolitik yangdigunakan dalam mengontrol pencernaan intraseluler di keadaan apapun.



FungsiLisosom terdapat banyak, yaitu



Pemasukan makromulekul berasal luar menuju ke dalam sel dengan mekanisme endositosis 

Mencerna materi dengan memakai fagositosis 

Mengontrol pencernaan intraseluler 

Penghancuran organel sel yang telah rusak (autofagi)

Autolisis (penghancuran diri sel dengan membebaskan isi lisosom ke dalam sel)

Menghancurkan senyawa karsinogenik

Eksositosis (Pembebasan enzim keluar sel)



2.Sentriol



Sentriol merupakan struktur berbentuktabung yang bisa ditemukan kepada sel eukariotik. Sentriol pula mengambil perandalam pembelahan sel serta dalam pembentukan silia serta flagela. Sepasang sentriolyang membentuk struktur gabungan dianggap dengan sentrosom. 



Jadiintinya sentriol berfungsi dalam proses pembelahan sel dalam membentuk benangspindle, silia, serta flagela.



Di dalam seljuga terjadi proses plasmolisis, deplasmolisis, krenasi, serta lisis



1. Plasmolisis (hanya kepada seltumbuhan)

Plasmolisis merupakan lepasnya membran plasma berasal dinding sel kepada sel tanaman.Plasmolisis terjadi apabila sel tanaman diletakkan di larutan garamterkonsentrasi (hipertonik), sel tanaman akan kehilangan air serta pula tekananturgor, menyebabkan sel tanaman lemah. Tumbuhan dengan sel dalam kondisiseperti ini akan terlihat layu. Kehilangan air lebih banyak akan menyebabkanterjadinya plasmolisis yaitu tekanan terus berkurang sampai di suatu titik dimana protoplasma sel terkelupas berasal dinding sel, menyebabkan adanya jarakantara dinding sel serta membran. Plasmolisis hanya terjadi kepada kondisi ekstrem,serta jarang terjadi di alam. Dengan kata lain biasanya terjadi secara sengaja dilaboratorium.



2. Deplasmolisis (hanya kepada sel tanaman)

Deplasmolisis merupakan kebalikan berasal plasmolisis, yaitu menyatunya kembalimembran plasma yang telah lepas berasal dinding sel. Deplasmolisis terjadi jikasel tanaman diletakkan di larutan hipotonik (konsentrasi tidak tinggi), seltumbuhan akan menyerap air serta pula tekanan turgor semakin tinggi. Banyaknya airyang masuk ke dalam sel akan menyebabkan terjadinya deplasmolisis. Membranplasma akan mekar sehingga akan inheren pergi kepada dinding sel.



3. Krenasi (kepada sel binatang)

Krenasi merupakan kontraksi atau pembentukan nokta tidak normal di kurang lebih pinggirsel sesudah dimasukkan ke dalam larutan hipertonik, karena kehilangan airmelalui osmosis. Krenasi terjadi karena lingkungan hipertonik (sel memiliki larutandengan konsentrasi yang lebih rendah dibandingkan larutan di kurang lebih luar sel),osmosis (difusi air) menyebabkan pergerakan air keluar berasal sel, menyebabkansitoplasma berkurang volumenya. Sebagai akibatnya sel akan mengecil danmengerut. Hal ini terjadi kepada sel binatang yang hampir sama kejadiannya denganplasmolisis kepada sel tanaman



4. Lisis

Lisis berarti hancurnya sel karena robeknya membran plasma. Peristiwa initerjadi karena proses osmosis (difusi air). Sel yang memiliki sitoplasma pekatbila berada dalam kondisi hipotonk akan kemasukan air sampai tekanan osmosisdalam sel akan menjadi tinggi. Keadaan demikian akan memecah sel tadi padasel binatang sedangkan kepada sel tanaman hanya penegangan (turgid).



Cukup kitatahu ihwal disparitas sel binatang serta sel tanaman, serta berasal disparitas tadi,kita tahu bahwa terdapat disparitas organel -- organel kepada sel binatang serta seltumbuhan. Organel -- organel di sel tanaman misalnya dinding sel sangat membuatsel tanaman menjadi bertenaga karena menaruh dukungan, konservasi, danpenyaringan kepada sel tadi pula menaruh bentuk yang kokoh serta tetap danbahkan didukung sang organel -- organel lain yang saling bekerja sama. Sedangkanpada sel binatang tidak terdapat dinding sel serta bahkan terdapat organel sepertilisosom yang bisa melakukan autolisis atau penghancuran sel karena keadaan baikdi dalam maupun di luar sel tidak normal (memang baik tujuannya tetapi tidakmembuat sel itu bertahan lama) serta pula bisa menghancurkan organel sel yangsudah rusak. Jadi secara garis besar, kita tahu bahwa sel tanaman lebih bisabertahan hidup lebih lama berasal sel binatang.



Mari kitaulas satu persatu kenapa sel tanaman bisa hidup lebih lama berasal sel binatang.



Pertamakarena tanaman memiliki dinding sel. Seperti yang sudah dijelaskan diatas,dinding sel kepada tanaman bisa memberi konservasi, bentuk yang kokoh serta kuatdan ini yang menyebabkan kenapa tanaman bisa berdiri tegak walaupun tidakmempunyai kerangka tulang. Dinding sel pula bisa mengontrol tekanan turgoryaitu misalnya yang terjadi ketika lisis (karena proses osmosis) yang artinya jumlahair yang terdapat di vakuola tanaman sangat banyak ketika kondisi hipotonik (kondisiluar sel encer) sehingga sel yang tadinya memiliki sitoplasma pekat (lebihpekat berasal kondisi luar) akan kemasukan air dalam jumlah yang banyak sehinggatekanan osmosis dalam sel menjadi tinggi yang bisa menyebabkan sel menegangatau turgid kepada tanaman karena adanya dinding sel yang menjaga serta mengontroltekanan turgor. Sedangkan kepada sel binatang yang hanya memiliki membrane sel,apabila terjadi kejadian misalnya ini, sel binatang akan segera pecah karena tidak adadinding sel yang melindungi. Juga fungsi -- fungsi dinding sel yang positifseperti membantu dalam lalu lintas zat sehingga zat vital misalnya air dankarbondioksida bisa didistribusikan ke seluruh bagian sel. Dinding sel jugabisa menjaga homeostasis (ketahanan atau mekanisme pengaturan lingkungan dankesetimbangan bergerak maju dalam sel tadi secara konstan) kepada sel. Juga bisaberfungsi sebagai penyimpanan karbohidrat. Dinding sel pula menyebabkantumbuhan tidak banyak beranjak sehingga tidak memerlukan energi yang banyakdari dalam sel. Sedangkan tanaman tidak memiliki dinding sel serta dapatbergerak bebas yang berarti sel binatang memerlukan lebih banyak energi dengankata lain sel tanaman lebih bertenaga daripada sel binatang. Dinding sel pula berperansaat tanaman mengalami plasmolisis. Plasmolisis yaitu apabila sel diletakkan dilarutan hipertonik, yang artinya keadaan didalam sel lebih encer atauberkonsentrasi rendah dibanding keadaan luar sehingga terjadi difusi air berasal dalamberpindah keluar menyebabkan volume sitoplasma berkurang serta pula tekananturgor menurun, menyebabkan sel tanaman lemah. Dengan kata lain plasmolisisadalah lawan berasal lisis. Dan apa kiprah dinding sel ketika terjadi plasmolisis?Dinding sel tetap bisa mempertahankan bentuk sel walaupun terjadi plasmolisisdan tetap menjaga volume jaringan. Sedangkan yang terjadi di sel tanaman samatetapi dengan sebutan krenasi atau pengerutan serta terlihat terang sel tumbuhanyang menjadi semakin mini berkerut. Plasmolisis pula terjadi ketika keadaan yangsangat ekstrim serta jarang terjadi kepada alam (bisa terjadi ketika percobaan dilaboratorium) sehingga tanaman tidak terlalu acapkali mengalami plasmolisis.



Juga karena sel binatang memiliki lisosom yang dapatmelakukan autolisis yaitu penghancuran sel memakai enzim dengan caramelepaskan lisosom ke dalam sel serta pula autofagi yaitu menghancurkan organelsel yang dikarenakan terdapat kerusakan di dalam sel. Hal ini memang bertujuan baiktetapi tidak membentuk sel bertahan hidup. Karena apabila tidak dihancurkan, makakerusakan sel tadi akan menular.



Tumbuhan memiliki vakuola yang umumnya berukuranbesar, sedangkan sel binatang secara umum tidak punya tetapi terdapat pula yang punyadan berukuran sangat mini. Dan apa fungsi vakuola dalam kehidupan seltumbuhan? Vakuola umumnya sebagai kantong yang menyimpan cadangan serta sisa --sisa metabolisme. Tetapi vakuola pula bisa membesar atau mengecil dengan katalain apabila zat terlarut yang terdapat di vakuola menyerap air, maka vakuola bisamenyesuaikan bentuknya sehingga bisa menjaga turgiditas serta bentuknya supayatidak pecah. Vakuola pula mengontrol pencernaan intraselmolekul kompleks serta eksresi kepada limbah yang mana hampirsama kegunaannya dengan lisosom kepada tanaman.Bahkan vakuola pula bisa memisahkanracun -- racun yang terdapat di dalam sel serta pula bisa mempertahankan berasal bakteriyang ingin menyerang sel.



Masih belum yakin bahwa sel tanaman lebih kuatdaripada sel binatang? Apakah kalian pernah berpikir kenapa lebih banyak tumbuhanpurba dibanding binatang purba kepada jaman kini? Dengan kata lain, mengapatumbuhan bisa hidup lebih lama daripada sel binatang? Dan memang tanaman hiduplebih lama berasal binatang. Namun, misalnya dikutip berasal Digital Journal (28/10),tanaman memiliki umur lebih lama dibandingkan binatang. Hal ini dikarenakan selinduk yang dimiliki tanaman sangat berperan aktif ketika terjadi kerusakan sellain. Karena apabila tidak ditindak lanjuti, kerusakan sel bisa menyebar ke sel --sel yang lain yang sangat membahayakan kehidupan sel.



Menurut sebuah penelitian yang dilakukan sang sekelompok ilmuwan berasal VIB andGhent University, sel induk dalam akar tanaman memegang kunci vital akankelangsungan hidup tanaman tadi.



Selain memegang kunci vital, sel induk itu pula berperan untuk melahirkancopy-an DNA ketika tanaman mengalami kerusakan sel. Dengan pembentukan copy-anDNA tadi, maka tanaman akan bisa terus tumbuh serta berkembang menggunakansel baru itu.



Dan ternyata sel induk binatang serta tanaman berbeda, walaupun memiliki peranyang sama-sama vital namun sel induk kepada tanaman memiliki tingkat aktivitasdan sensitifitasnya lebih baik.



Jadi bisa disimpulkan bahwa sel tanaman ternyatalebih bertenaga daya hidupnya dibandingkan dengan sel binatang. Ini ditimbulkan karenaperbedaan organel -- organel sel yang berada di setiap sel. Pada umumnya, seltumbuhan memiliki dinding sel, vakuola, serta plastida yang meningkatkanpertahanan sel. Sedangkan sel binatang pula memiliki organel -- organel sel yangberbeda tetapi tidak terlalu berfungsi dalam konservasi sel. Juga karenapenelitian yang menyebutkan bahwa sel induk tanaman lebih berperan aktifketika terjadi kerusakan sel supaya kerusakan sel tidak menyebar danmembahayakan sel -- sel lain. Itu sebabnya lebih banyak tanaman purba yangmasih hidup disbanding binatang purba.



Demikian artikel ihwal sel binatang serta sel tanaman.Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa beri kritik serta saran untuk artikelsaya selanjutnya.



Terimakasih telah membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Uangmaya.com