Breaking News

Senin, 09 April 2018

Jambu Biji Variegata Yang Unik Dan Langka

Jambu biji variegata adalah satu diantara varietas jambu biji yang bisa berperan ganda juga sebagai tanaman buah serta tanaman hias di pekarangan tempat tinggal atau juga sebagai tabulampot (tanaman buah dalam pot). Ciri khas dari tanaman itu yaitu daun serta buahnya yang mempunyai corak yang unik serta menarik yakni bercorak variegata.


Klasifikasi ilmiah
Kerajaan : Plantae
(tak termasuk juga) : Eudikotil
(tak termasuk juga) : Rosidae
Ordo : Myrtales
Famili : Myrtaceae
Upafamili : Myrtoideae
Bangsa : Myrteae
Genus : Psidium
Spesies : P. guajava
Nama binomial
Psidium guajava L.

Jambu biji variegata diprediksikan datang dari Brasil. Daun jambu biji type itu mempunyai tiga type daun dalam satu pohon yakni daun warna hijau, daun berwarna hijau dengan garis-garis putih kekuningan dan daun berwarna hijau dengan garis-garis merah. Jambu biji variegata adalah hasil mutasi dari varietas jambu biji kampuchea.

Kulit buah juga mempunyai corak variegata hijau dengan garis-garis putih kekuningan seperti daunnya. Bentuk buah bulat dengan ukuran yang simetris serta diameter seputar 3-4 cm. Satu buah jambu biji variegata mempunyai berat seputar 8 gr sampai meraih 18 gr. Daging buah berwarna putih, berbiji banyak serta terasa tak terlampau manis.

Tanaman yang bisa tumbuh baik pada daerah dataran rendah serta dataran tinggi itu, banyak terkandung vitamin serta serat hingga pas untuk dikonsumsi juga sebagai buah pelengkap makanan sehat serta pendamping diet. Daun jambu biji berupa bulat telur serta pertulangan daunnya terang. Sama seperti dengan jambu biji yang lain, bunga jambu biji variegata bisa nampak di ujung cabang atau dari ketiak daun.

Jambu biji variegata termasuk langka, unik, dan menarik. Sebutan jambu biji variegata dikarenakan dalam satu tanaman ada tiga warna daun yang berbeda, yaitu daun berwarna hijau tua polos tanpa belang-belang, hijau belang-belang putih, atau hijau belang-belang merah. Tanaman ini merupakan hasil mutasi tanaman dari varietas jambu biji Kampuchea. Meskipun begitu perlu dijaga dominanitas tanaman, bila muncul tunas daun hijau, maka diperhatikan/ dimonitoring perkembangannya.


Buah jambu biji variegata memiliki bentuk bulat simetris dengan diameter sekitar 4 cm dan memiliki berat buah sekitar 15 -18 gram / buah. Jambu biji variegata adalah tanaman yang sangat cocok dijadikan tabulampot karena jambu biji variegata memiliki buah sangat banyak dan lebat serta memiliki penampilan unik, indah, dan menarik. Info jambu variegata: - Warna kuning muda bergaris hijau, sama dengan warna daunnya -Warna daging buah merah, berbiji - Rasa manis - Mulai belajar berbuah umur 8 bulan dari bibit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Uangmaya.com