Breaking News

Sabtu, 07 April 2018

Kandungan dan Manfaat Timun Suri


Klasifikasi (Taksonomi) Timun Suri/ Mentimun Suri
  • Kingdom/Kerajaan : Plantae/ Plants
  • Sub kingdom/Sub kerajaan : Tracheobionta/ Vascular Plants
  • Super division/Super divisi : Spermatophyta/ Seed Plants
  • Division/Divisi : Magnoliophyta/ Flowering Plants
  • Classis/Kelas : Magnoliopsida/ Dicotyledons
  • Sub classis/Sub Kelas : Dilleniidae
  • Ordo/Bangsa : Violales
  • Familia/Suku : Cucurbitaceae/ Cucumber Family
  • Genus/Marga : Cucumis L./ Melon
  • Species (Jenis/ spesies) : Cucumis melo L. var reticulatus Naudin
  • Binomial Name/Nama Latin : Cucumis melo L. var reticulatus Naudin
  • Common Nama/Nama Umum : Chinese Hami Melon
PENJELASAN SINGKAT
Mentimun suri (nama lain adalah timun suri, timun betik atau barteh) adalah tumbuhan semusim penghasil buah anggota suku labu-labuan (Cucurbitaceae). Buahnya yang setengah masak biasa dijual secara musiman pada bulan puasa (Ramadan) karena daging buahnya menjadi komponen minuman penyegar untuk berbuka puasa. Meskipun demikian, timun suri bukanlah tanaman musiman karena dapat ditanam kapan saja. Timun suri mengandung kalium yang cukup tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk menjaga kesegaran tubuh.

Mentimun suri bukanlah mentimun walaupun bentuk buahnya memanjang dan menyerupai mentimun. Secara morfologi dan sitologi ia tidak sama dengan mentimun. Bentukdaun dan ukuran bijinya lebih mendekati blewah atau melon. Selain itu, banyak kromosom inti selnya 2x= 2n = 24 yang sama dengan semua anggota Cucumis lainnya, kecuali mentimun (2x = 2n = 14).[1].


KANDUNGAN DAN MANFAAT TIMUN SURI BAGI KESEHATAN
  1. Mengandung vitamin A dan antioksidan. Timun suri mengandung banyak vitamin A, yang baik bagi kesehatan mata. Kandungan anti oksidan yang tinggi pada timun suri juga baik untuk kesehatan yaitu sebagai pencegah penuaan dini.
  2. Mencegah flu dan infeksi. Kandungan vitamin C di dalam timun suri bisa mencegah timbulnya gangguan penyakit flu dan infeksi. Hal ini disebabkan karena sifat vitamin C yang berfungsi sebagai anti virus dan pencegah infeksi.
  3. Glukosa dan fluktosa yang baik bagi tubuh. Karena ini adalah gula yang mudah larut di dalam tubuh dengan cepat, jadi kita akan dengan segera mendapatkan tambahan energi setelah mengonsumsi timun suri.
  4. Menghilangkan racun di dalam tubuh. Kadar air dalam buah timun suri yang sangat tinggi, yaitu sekitar 90 persen membuat kita lancar dalam buang air kecil. Ini bisa bermanfaat membuang racun yang ada di dalam tubuh dan menetralkan tubuh dari racun. Artinya, timun suri membantu detoksikasi di dalam tubuh kita.
  5. Mengandung asam linoleat. Asam linoleat pada timun suri berfungsi sebagai antioksidan dan mencerdaskan otak. Antioksidan berperan mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, mencegah penyakit jantung, serta menurunkan lemak.
  6. Anti kanker. kandungan senyawa saponin pada timun suri bisa mencegah sakit kanker, dan timun suri juga memiliki manfaat sebagai menurunkan kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh kita. Artinya, timun suri sangat baik untuk di konsumsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Uangmaya.com