Breaking News

Jumat, 27 April 2018

KLASIFIKASI BUAH NANGKA


Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Rosales
Famili : Moraceae
Genus : Artocarpus
Spesies : A. heterophyllus
Nama binomial : Artocarpus heterophyllus

Buah nangka merupakan buah yang multifungsi karena selain dapat dimakan langsung seperti buah-buah lain, buah nangka yang muda dapat dimasak sebagai campuran berbagai sayuran. Untuk ukurannya, sangat bervariasi dan selain itu buah nangka mengeluarkan wangi yang khas jika buahnya sudah matang seperti pada buah durian. Selain rasanya yang enak, mengkonsumsi buah nangka dan bijinya juga dapat dikonsumsi untuk memberikan manfaat kesehatan. Berikut ini ulasan selengkapnya.

nangka merupakan tanaman asli Asia Tenggara. Dijual di pasar untuk seluruh dunia dan juga diimpor ke Amerika Serikat dan Eropa. Orang-orang memiliki perbedaan dalam preferensi kematangan, sementara beberapa menyukai yang tidak terlalu matang. Biasanya, buah durian yang masak akan jatuh dari pohon dikumpulkan dan dimasukkan untuk dijual. Memilih buah durian di toko-toko pilih yang masih dengan tangkainya. Di luar dari habitat aslinya, durian merupakan salah satu buah yang mahal. beberapa varietas seperti D24 (Sultan) sangat diminati dengan permintaan tinggi sehingga harga yang lebih tinggi. Buah durian juga dapat disimpan di dalam lemari es selama beberapa hari.

Manfaat Buah Nangka 

Nangka merupakan sumber kalori seperti pada manfaat buah durian, namun merupakan kandungan gula yang sederhana seperti fruktosa dan glukosa yang dapat langsung dirubah menjadi energi. Sejumlah mineral pentung dan nutrisi terkandung dalam nangka seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C dan mineral seperti magnesium, fosfor, kalium, kalsium dan seng. Sehingga membuatnya penting untuk dikonsumsi sabagai menu buah harian. Berikut ini beberapa manfaat nangka bagi tubuh:
  1. 100 g nangka yang dikonsumsi akan menyediakan 95 kalori. Buah ini daging yang lembut dan mudah dicerna dengan kandungan gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa. Ketika buah nangka ini dimakan akan langsung mengisi ulang energi dan merevitalisasi tubuh dengan segera. Tapi jangan terlalu banyak dalam sekali makan, karena akan menimbulkan gas dalam perut.
  2. Nangka kaya akan serat makanan, yang membuatnya menjadi pencahar yang baik. Kandungan serat membantu melindungi selaput lendir usus dengan cara mengikat dan menghilangkan bahan kimia penyebab kanker usus besar.
  3. Buah nangka segar mengandung sejumlah kecil vitamin-A, dan pigmen flavonoid seperti karoten-b, xanthine, lutein dan cryptoxanthin-b. Senyawa ini secara bersama-sama memainkan peran penting sebagai antioksidan dan mengoptimalkan penglihatan. Vitamin A juga dibutuhkan untuk menjaga integritas membran lendir dan kulit. Manfaat buah-buahan alami yang kaya akan vitamin A, dan karotenoid telah ditemukan untuk melindungi paru-paru dan kanker rongga mulut.
  4. Selain itu, nangka merupakan sumber antioksidan vitamin C yang menyediakan sekitar 13,7 mg atau 23% dari RDA. Konsumsi makanan yang kaya vitamin C membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi dan radikal bebas berbahaya. Vitamin C juga mampu menjadi antioksidan yang mampu melawan sel degenaritif yang memicu terjadinya gejala kanker seperti manfaat lemon danmanfaat apel.
  5. Buah langka yang kaya akan kelompok vitamin B-kompleks. Nangka berisi jumlah yang sangat baik dari vitamin B-6 (pyridoxine), niasin, riboflavin, dan asam folat.
  6. Buah nangka adalah sumber yang baik akan kandungan kalium, magnesium, mangan, dan besi. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah, seperti yang terdapat pada manfaat pisang.

Tanaman pohon nangka sendiri merupakan tanamannya yang buahnya musiman, sehingga dapat dengan mudah jika sedang musimya atau bisa menjadi lebih mahal, jika sedang tidak musim. Maka dari itu, banyak ide kreatif yang dapat memanfaatkan buah durian, seperti bermunculan kripik-kripik dari nangka atau olahan selai buah nangka ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Uangmaya.com