Breaking News

Selasa, 24 April 2018

MANGGA MADU ANGGUR YANG BUAHNYA SELALU BANYAK


Mangga adalah jenis buah yang termasuk dalam genus Mangifera, dengan sebaran sekitar 40 species, berasal dari daerah sekitar perbatasan India dengan Burma, dan sejak 1500 tahun lalu menyebar ke seluruh Asia Tenggara. Umumnya mangga ditanam untuk dipanen buahnya dalam keadaan segar sebagai buah meja, sebagai campuran es buah, dibuat jus buah mangga, sebagai campuran sambal (ikan dan daging) dalam makanan tradisional di beberapa suku bangsa, serta sebagai bahan utama dalam pembuatan manisan buah dalam kaleng maupun manisan buah kering.

Indonesia adalah satu negara penghasill mangga di dunia selain India, China, Thailand, Pakistan, Bangladesh, Brazil, Meksiko dan negara-negara lainnya. Umumnya buah mangga di Indonesia dihasilkan dari pertanaman milik individu yang ditanam di halaman rumah atau dikebunkan terbatas dengan manajemen budidaya yang sangat sederhana dan tidak intensif sehingga variasi, khususnya kualitas buah mangga yang dihasilkan pun sangat tinggi. Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, banyak pihak mulai mengebunkan mangga secara komersial dalam skala luas dan dengan manajemen budidaya yang sangat intensif. Tujuan akhirnya adalah menghasilkan buah mangga varietas tertentu dengan kualitas buah yang tinggi : keseragaman bentuk, ukuran, bobot, tingkat kematangan dan lama simpan buah mangga. Buah mangga dengan kualifikasi tertentu akan menjadi komoditas ekspor non migas andalan Indonesia ke negara-negara pengimpor buah di seluruh dunia. Hal ini akan menjadi keniscayaan jika mangga ditanam atau dikebunkan secara intensif, termasuk pengaturan saat berbunga dan berbuah yang tidak bersamaan dengan waktu panen raya untuk menghasilkan buah mangga dengan kualitas nomor satu, tentu saja dengan harga yang sepadan dengan intensifitas budidaya yang dilakukan.

Pemilihan buah mangga untuk ditanam oleh individu sebaiknya didasarkan pada pertimbangan 4 faktor : kemudahan berbuah, produktifitas buah, ukuran buah, dan rasa buah. Umumnya, menggabungkan keempat faktor tersebut menjadi satu dalam pemilihan tanaman buah mangga adalah hal yang teramat sulit, oleh karena itu jika ingin menanam hanya satu atau dua varietas mangga, tentukan dulu faktor apa yang paling anda inginkan, apakah faktor kemudahan berbuah menjadi prioritas atau faktor rasa buah yang menjadi pilihan utama. Berbeda dengan pihak-pihak yang mengebunkan mangga secara komersial, orientasi market adalah faktor utama yang menjadi basis pemilihan varietas mangga yang ditanam, artinya mangga varietas apa yang paling disukai oleh konsumen, khususnya konsumen di negara-negara pengimpor buah mangga dari Indonesia, dan itu mungkin saja berbeda dengan varietas mangga yang umumnya di pasarkan di wilayah Indonesia. Pemilihan varietas dan pengembangan mangga komersial skala perkebunan biasanya menyesuaikan dengan karakter pembeli di negara tujuan yang menginginkan mangga berukuran sedang, berkulit warna kuning hingga merah sebagai indikasi tingkat kematangan buah, serta daya simpan buah yang cukup lama. Sementara itu, konsumen di sini umumnya lebih terfokus kepada rasa buah yang manis, tidak terlalu peduli dengan warna kulit buah saat matang, apakah kuning, merah, kuning kehijauan, maupun tetap hijau saat buah masak sempurna.


Mangga yang berukuran kecil ini dikenal sebagai mangga Madu Anggur karena dompolan buahnya yang banyak seperti anggur dengan bintik-bintik cokelat seperti madu di antara daging buahnya. Cukup masam rasanya saat masih muda dan berubah manis saat buah masak dengan cita rasa khas, disertai daging buah yang kesat dengan kandungan serat yang lumayan adalah ciri khas dari mangga ini. Sangat populer sebagai salah satu varietas buah mangga yang diperdagangkan di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah

Mangga Madu Anggur memiliki rasa yang manis dan sedikit asam. Buah mangga Madu Anggur bentuknya mirip dengan buah mangga Manalagi, bulat lonjong, kulit buahnya tebal dan tetap berwarna hijau berbintik keputihan meskipun sudah tua, daging buahnya tebal, lunak, dan berwarna kuning. Mangga Madu Anggur merupakan mangga yang termasuk langka di Indonesia. Mangga ini berasal dari Pasuruan Jawa Timur.

Aroma buah Mangga Madu Anggur sangat menyengat dan rasanya sangat manis, bijinya kecil berbentuk pipih lonjong . Ukuran Buah Mangga Madu Anggur mirip dengan mangga Arumanis, setiap 1 kg biasanya berisi 2-3 buah. mangga madu anggur termasuk tanaman mangga yang produktif, cocok untuk di kebunkan. Kelebihan yang lain, mangga ini dapat dipanen kira-kira setelah berbunga 2 bulan.

Rasanya manis dan sedikit asam seperti buah anggur. Mangga madu anggur termasuk salah satu jenis mangga langka di Indonesia. Buahnya berbentuk seperti mangga manalagi, yaitu bulat jorong. Kulit buahnya tebal dan tetap berwarna hijau berbintik keputihan meskipun sudah tua. Daging buahnya cukup tebal, lunak, dan berwarna kuning. Rasanya sangat manis dan aromanya sangat menyengat. Bijinya berukuran relatif kecil dan berbentuk pipih lonjong. Ukuran buahnya hampir sama dengan mangga arumanis, setiap 1 kg biasanya berisi 2-3 buah. Produksinya cukup tinggi, kurang lebih 25% lebih tinggi dibandingkan mangga gadung. Kelebihan yang lain, mangga ini dapat dipanen kira-kira 65 hari setelah berbunga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Uangmaya.com