Breaking News

Rabu, 23 Mei 2018

CARA MENANAM MELON DENGAN BENAR

Melon ( cucumis melo L. ) merupakan tanaman buah termasuk famili Cucurbitaceae. Bnyak yang menyebutkan buah melon berasal dari Lembah panas., Persia atau daerah Mediterania yang merupakan pembatasan antara Asia Barat dengan Eropa dan Afrika. Tanaman ini akhirnya tersebar luas ke Timur Tengah dan Eropa. Pada abad ke 14melon dibawah ke Amerika oleh Columbus dan akhirnya di tanam luas di Colorado, California, dan Texas. Akhirnya melon tersebar ke seluruh penjuru dunia terutama di daerah tropis dan subtopis termasuk indonesia.


Jenis-jenis melon yang terkenal adalah melon Christianism (1850), Melon Sill hybrid (1870), melon Surprise ( 1876 ), melon Ivondequoit, Miller cream, Netted gem, Hacken sack, dan Osage ( 1881-1890) melon Honey Rock dan Improved Perfecto ( 1933 ), melon Imperial ( 1935 ), melon Queen of Colorado dan Honey Gold ( 1939 ), Untuk memudahakan sistem penanaman dan pengelompokan melon,

Buah melon dimanfaatkan sebagai makanan buah segar dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi

Teknik Penanaman
  1. Penentuan pola Tanam, tanaman melon merupakan tanaman semusim yang bisa di tanam dengan pola monokultur
  2. Pembuatan lubang tanaman, Untuk membuat lubang tanam dapat dilakukan dengan menggunakan pelat pemanas atau memanfaatkan bekas kaleng susu kental. Plat pemanas yang berupa potongan besi dengan diameter 10cm , dubuat demikian rupa hingga panas yang di timbulkan dari arang yang di bakar mampu melubangi mulsa ( PHP ) dengan cepat. Model penanaman dapat berupa dua baris berhadap hadapanmembentuk segi empat atau tiga baris berhadap-hadapan membentuk segitiga.
  3. Cara penanaman. Bibit yang telah disemai kurang lebih 3 minggu dipindahkan ke dalam polibag besar beserta medianya. Akar tanaman di usahakan agar tidak samapai rusak saat menyobek polibag kecil.  Cetakan tanah yang telah berisi bibit melon, diletakkan pada lubang yang telah ditugal dan diusahakan agar tidak pecah/hancur karena bisa mengakibatkan kerusakan akar dan tanaman akan layu jika hari panas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Uangmaya.com