Breaking News

Rabu, 02 Mei 2018

KLASIFIKASI BUAH PUTSA ( APEL INDIA ) Ziziphus Mauritiana Lam

BUAH PUTSA 
Klasifikasi Apel Putsa (Apel India )

Kingdom : Plantae
Subkingdom : Tracheobionta
Superdivisio : Spermatophyta
Divisio : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Sub-kelas : Rosidae
Ordo : Rosales
Familia : Rosaceae
Genus : Pyrus
Spesies : Pyrus malus L

Putsa adalah tanaman sejenis apel yang berasal dari India, oleh sebab itu Putsa dikenal dengan sebutan Apel India. Buahnya hijau muda dan akan berubah menjadi kekuning-kuningan jika sudah matang, ukuran buahnya sedang, rasa buahnya manis dan renyah. Tanaman Putsa termasuk rajin berbuah dan tidak mengenal musim. Selama syarat-syarat tumbuhnya terpenuhi dengan baik, Putsa cenderung berbuah sepanjang tahun tanpa henti. Buahnya lebat. Jadi untuk mendapatkan buah yang besar dan bagus, lakukan penjarangan buah. Tidak ada perlakuan khusus yang diperlukan dalam merawat tanaman Putsa. Yang perlu diperhatikan adalah media tanam jangan sampai kering, karena jika media tanam kering maka buahnya akan rusak dan ikut kering.

Tanaman Putsa tidak memerlukan perlakukan khusus dan gampang untuk berbuah. Tanaman Putsa lebih baik diletakkan di tempat yang tanpa naungan karena tanaman Putsa membutuhkan sinar matahari penuh. Kunci agar Putsa mau berbuah adalah sinar matahari cukup, penjarangan daun dan buah, pemupukan tepat, dan lingkungan kering.

Tanaman ini senang hidup di lingkungan kering, oleh karenanya diperlukan media tanam yang porous saat menanamnya. Pakai campuran sekam bakar, tanah merah, dan pupuk kandang, dengan komposisi 1:1:1. Meski suka lingkungan kering, untuk pembuahan dibutuhkan cukup air. Lakukan penyiraman 2 kali sehari, pagi dan sore. Memasuki masa generatif lakukan stressing air bila ingin mendapatkan bunga serempak. Caranya, hentikan sementara penyiraman. Pada hari ke-5 stressing air, putsa disiram kembali. Saat itu kondisi daun menguning, tapi beberapa hari kemudian akan kembali hijau diiringi munculnya calon buah.
TANAMAN PUTSA SAAT BERBUNGA
  1. Tanaman ini tanaman tropis (tahan panas), saya tanam dilahan sama dengan buah naga saya, ternyata tumbuh sehat dan bagus tanpa ada gangguan berarti. Jadi, tanaman ini bisa dibudidayakan di semua wilayah Indonesia umumnya.
  2. Tanaman ini tidak mengenal musim untuk berbuah, tanaman ini berbuah sepanjang tahun dan menghasilkan buah yang produktif, enak rasanya (bahkan buah muda pun rasanya tetap manis dan renyah).
  3. Tanaman ini tahan hama dan penyakit, seperti tanaman tahan panas lainnya, tanaman ini tidak terlalu membutuhkan perawatan yang ribet dan tahan terhadap gangguan hama dan penyakit.
  4. Tanaman ini masih jarang dibudidayakan di Indonesia, dan ini merupakan peluang yang bagus jika anda membudidayakannya sejak sekarang (mendahului pekebun lain), sama halnya ketika saya pertama kali menanam buah naga, banyak orang yang mencibirnya, tetapi sekarang mereka kaget dengan keuntungannya.
  5. Tanaman ini cocok untuk tabulampot, seperti terlihat foto di atas, buah apel india ini tumbuh banyak baik bunga dan buahnya secara menggerombol dan tumbuh terus menerus. Anda bisa menjual tanaman ini dalam bentuk tabulampot.
  6. Harga jual baik bibit dan buah Apel Putsa (apel India) ini masih bagus dan jarang tersedia di pasaran, saya sendiripun sedang berusaha menjalankan bisnis dan budidaya ini, semoga kedepannya berkembang bagus dan menguntungkan.
  7. Perbanyakan bibit yang mudah, umumnya diperbanyak menggunakan cara stek, sambung dan pertumbuhannya juga cepat besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Uangmaya.com